..




.

Friday, February 05, 2010

Perkembangan dan Pertumbuhan Anak

Perkembangan
Perkembangan adalah serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman. Ditandai dengan adanya perubahan/pertambahan jumlah secara kualitatif dan kuantitatif.
Pertumbuhan
Pertumbuhan adalah perubahan/pertambahan jumlah secara kuantitas. Umumnya pada perubahan fisik seperti tinggi dan berat badan, lingkar kepala, badan dan sebagainya.  

Tujuan Perubahan dalam Perkembangan
Pelbagai perubahan dalam perkembangan bertujuan untuk memungkinkan orang menyesuaikan diri dengan lingkungan dimana ia hidup.


6 Tujuan dalam Perkembangan Anak
1. menemukan karakteristik perubahan usia
2. menemukan kapan perubahan ini terjadi
3. dalam kondisi apa saja perubahan tersebut terjadi
4. menemukan bagaimana perubahan ini mempengaruhi perilaku anak
5. menemukan apakah perubahan ini dapat diramalkan atau tidak
6. menemukan apakah perubahan ini bersifat individu atau sama bagi setiap anak.


Prinsip-Prinsip Pertumbuhan
1. Prinsip Proximodistal
     yaitu proses pertumbuhan manusia dimulai dari bagian pusat syaraf menuju ke bagian-bagian organ luar
2. Prinsip Cephallocaudal
     yaitu pertumbuhan pada manusia yang ditandai dengan perubahan dari bagian organ kepala menuju ke bagian-bagian tubuh lainnya.


Prinsip-Prinsip Perkembangan
  1. perkembangan berlangsung sepanjang hayat manusia
  2. perkembangan ditandai dengan kesempatan untuk memilih suatu pengalaman tertentu dan mengabaikan kesempatan pengalaman yang lain
  3. pengaruh faktor biologi dan sosiobudaya bersifat relatif terhadap perkembangan
  4. perkembangan manusia melibatkan berbagai sumber stimulus internal maupun eksternal
  5. perkembangan manusia bersifat plastis, fleksibel, dan berubah-ubah
  6. perkembangan setiap manusia memiliki keunikannya masing-masing
Teori-Teori Pertumbuhan dan Perkembangan 
  • Nature VS Nurture
  • Kuantitatif VS Kualitatif
  • Normatif VS Non-normatif
  • Kesinambungan VS Ketidaksinambungan 
  • Progressif VS Regressif 

No comments:

Post a Comment