Secara individual, setiap anak memiliki kekhasan dalam belajar untuk mempelajari berbagai pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai. Kekhasan anak dalam cara belajarnya biasanya ditunjukkan oleh style atau gaya tertentu yang didominasi oleh penekanan pada pemanfaatn salah satu atau lebih modalitas belajar. Tipe modalitas belajar anak dapat dikelompokkan dalam kategori :
1. Tipe Auditori (Auditive learning style)
Pada tipe ini, akan mempelajaari sesuatu secara baik dengan menggunakan kemampuan mendengarnya. Pemahaman terhadap sesuatu akan lebih cepat dan baik kalau anak mendengarkan sesuatu yang dipelajarinya. Anak-anak ini biasanya akan belajar sesuatu dengan membaca dan mengeraskan bacaannya. Adapun karakteristik umum tipe ini adalah:
a. Belajar dengan mengutamakan suara atau kata
b. Senang berbicara atau mengolah kata
c. Menjadi tenang dengan situasi bernuansa music
d. Senang membaca dengan keras
e. Mampu mengikti arahan dengan jelas dan tepat
2. Tipe Visual (Visual leraning style)
Anak tipe visual akan memiliki kekuatan belajar dengan cara melihat secara langsung tentang berbagai hal yang dipelajari. Pemahamannya akan menjadi kuat dan baik jika anak melihat, membaca atau mengamati sesuatu yang dipelajari secara langsung. Adapun karakteristik umum tipe ini adalah:
a. Tertarik pada objek yang berkaitan dengan pemandangan
b. Mudah mengingat tanda-tanda atau symbol visual (gerak, warna, bentuk, dan ukuran)
c. Menunjukkan koordinasi tangan dan mata secara baik
d. Menunjukkan kemampuan menggambar dan melukis dengan baik
3. Tipe kinestetik (kinesthetic learning style)
Tipe belajar kinestetik akan mengandalkan sentuhan, rabaan atau gerak dalam mempelajari Sesuatu secara baik. Anak tipe kinestetik akan memahami sesuatu secara baik dengan cara bergerak, menyentuh atau melakukan sesatu. Adapun karakteristik umum tipe ini adalah:
a. Belajar dengan mengutamakan sentuhan atau gerakan
b. Senang melakukan gerakan-gerakan
c. Cenderung cepat emosi/marah (tidak sabar)
d. Menunjukkan keunggulan dalam olah raga
No comments:
Post a Comment