Bahan ajar merupakan segala bahan (baik informasi, alat,
maupun teks) yang disusun secara sistematis, yang menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai
peserta didik dan digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan perencanaan
dan penelaahan implementasi pembelajaran.
1.
Fungsi bahan ajar bagi pendidik, antara lain:
a.
Menghemat waktu pendidik dalam mengajar;
b.
Mengubah peran pendidik dari seorang pengajar
menjadi seorang fasilitator;
c.
Meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih
efektif dan interaktif;
d.
Sebagai pedoman bagi pendidik yang akan
mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran dan merupakan
substansi kompetensi yang semestinya diajarkan kepada peserta didik;
e.
Sebagai alat evaluasi pencapaian atau penguasaan
hasil belajar.
2.
Fungsi bahan ajar bagi peserta didik, antara
lain:
a.
Peserta didik dapat belajar tanpa harus ada
pendidik atau teman peserta didik yang lain;
b.
Peserta didik dapat belajar kapan saja dan
dimana saja ia kehendaki;
c.
Peserta didik dapat belajar sesuai kecepatannya
masing-masing;
d.
Peserta didik dapat belajar menurut urutan yang
dipilihnya sendiri;
e.
Membantu potensi peserta didik untuk menjadi
pelajar yang mandiri;
f.
Sebagai pedoman bagi peserta didik yang akan
mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran dan merupakan
substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari atau dikuasainya.
3.
Fungsi bahan ajar menurut strategi pembelajaran
yang digunakan
a.
Fungsi bahan ajar dalam pembelajaran klasikal,
antara lain:
-
Sebagai satu-satunya sumber informasi serta
pengawas dan pengendali proses pembelajaran ;
-
Sebagai bahan pendukung proses pembelajaran yang
diselenggarakan.
b.
Fungsi bahan ajar dalam pembelajaran individual,
antara lain:
-
Sebagai media utama dalam proses pembelajaran;
-
Sebagai alat yang digunakan untuk menyusun dan
mengawasi proses peserta didik dalam memperoleh informasi;
-
Sebagai penunjang media pembelajaran individual
lainnya.
c.
Fungsi bahan ajar dalam pembelajaran kelompok,
antara lain:
-
Sebagai bahan yang terintegrasi dengan proses
belajar kelompok, dengan cara memberikan informasi tentang latar belakang
materi, inforasi tentang peran orang-orang yang terlibat dalam belajar
kelompok, serta petunjuk tentang proses pembelajaran kelompoknya sendiri;
-
Sebagai bahan pendukung bahan ajar utama dan
apabila dirancang sedemikian rua, maka dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa.
No comments:
Post a Comment