PENGERTIAN PERKEMBANGAN
Objek psikologi perkembangan
adalah perkembangan manusia secara pribadi. Para ahli juga tertarik akan
masalah seberapa jauhkah perkembangan
manusia di pengaruhi oleh perkembangan masyarakatnya (Van Den Berg,
1986)
Pengertian perkembangan manunjuk
pada suatu proses kearah yang lebih sempurna dan tidak begitu saja dapat
diulang kembali.
Perkembangan menunjukkan kepada
perubahan yang bersifat tetap dan tidak dapat ditukar kembali (Werner, 1969)
Dengan demikian dapat diartikan
bahwa perkembangan sebagai suatu proses yang kekal dan tetap yang menuju kearah
suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi, berdasarkan
pertumbuhan, pematangan dan belajar.
Suatu definisi yang relevan,
dikemukakan oleh Monks bahwa perkembangan psikologis merupakan suatu proses
yang dinamis. Dalam proses tersebut sifat individual dan sifat lingkungan
menentukan wujud yang actual.
Perkembangan menurut Piaget
sebagai berikut:
Teori Piaget banyak dipengaruhi
oleh Biologi dan Epistimologi (ajaran mengenai pengenalan). Biologi menurut
Piaget banyak menggunakan pengertian yang langsung diambil dari Biologi. Misalnya
dalam definisi mengenai intelegensi dipakainya pengertian-pengertian seperti:
adaptasi, organisasi, stadium, pertumbuhan, dll. Epistimologi: perhatian
terhadap cabang ilmu pengetahuan ini antara lain Nampak dalam penelitian
empiris terhadap timbulnya pengertian atau konsep mengenai waktu, ruang,
kausalitas, dan kesadaran akan peraturan.
Piaget beranggapan bahwa setiap
organisme hidup dilahirkan dengan dua kecenderungan fundamental, yaitu:
- 1. kecenderungan untuk beradaptasi
- 2. dan kecenderungan untuk organisasi.
1.adaptasi dapat dilukiskan
sebagai kecenderungan bawaaan setiap organisme untuk menyesuaikan diri dengan
lingkungan. Kecenderungan adaptasi ini
mempunyai dua komponen, yaitu: asimilasi dan akomodasi. Asimilasi adalah
kecenderungan organisme untuk mengubah lingkungan guna menyesuaikan dengan
dirinya sendiri. Contoh dalam bidang biologis adalah makan. Bila orang makan
sesuatu maka pencernaannya tidak perlu berubah, yang harus berubah yaitu
makanannya=factor lingkungan. Akomodasi yaitu kecenderungan untuk mengubah
dirinya sendiri guna menyesuaikan dirinya dengan lingkungan. Contoh: anak
sekolah harus selalu menyesuaikan pakaiannya dengan peraturan yang berlaku
disekolahnya.
2. Organisasi dapat dilakukan
sebagai suatu bawaan satiap organisme untuk mengintegrasikan proses-proses
sendiri menjadi system yang koheren. Contoh dalam bidang biologis adalah
berfungsinya system fisiologis sendiri sebagai kesatuan yang terintegrasi. Bila
ada gangguan dari salah satu komponennya saja maka namanya “penyakit”
Teori perkambangan dari Piaget
utamanya banyak membicarakan mengenai perkembangan kognitif. Perkembangan kognisi
berarti bagaimana memperoleh pengetahuan, menyimpannya dan menggunakannya. Teori
serta penelitian Piaget juga membicarakan hubungan teman dan anak-anak sebagay
makin penting dalam periode ini bagi perkembangan yaitu perkembangan identitas
jenis kelamin serta pengertian norma.
PROSES PERKEMBANGAN
1. Biological
processes: perubahan pada sifat fisik
2. Socioemotional
processes: peruabahn pada aktivitas relasi dengan individu lain, emosi dan
kepribadian
3. Psychological
processes: perubahan pada factor-faktor psikologis
4. Cognitive
processes: perubahan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa
HUKUM-HUKUM PERKEMBANGAN
1.
Perkembangan adalah kualitatif tidak materi tapi
fungsi
2. Perkembangan sangat dipengaruhi oleh proses dan
hasil dari belajar: aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap
3. Usia ikut mempengaruhi perkembangan bertambahnya
usia (perkembangan manusia kearah kematangan)
4.
Masing-masing individu mempunyai perbedaan tempo
kematangan
5.
Perkembangan individu mengikuti pola yang sama
6.
Perkembangan dipengaruhi oleh hereditas dan
lingkungan
7.
Perkembangan yang lambat dapat dipercapat dengan
cara bimbingan dan kepemimpinan yang didaktis.
No comments:
Post a Comment