..




.

Wednesday, November 14, 2012

Perkembangan


PENGERTIAN PERKEMBANGAN

Objek psikologi perkembangan adalah perkembangan manusia secara pribadi. Para ahli juga tertarik akan masalah seberapa jauhkah perkembangan  manusia di pengaruhi oleh perkembangan masyarakatnya (Van Den Berg, 1986)
Pengertian perkembangan manunjuk pada suatu proses kearah yang lebih sempurna dan tidak begitu saja dapat diulang kembali.
Perkembangan menunjukkan kepada perubahan yang bersifat tetap dan tidak dapat ditukar kembali (Werner, 1969)
Dengan demikian dapat diartikan bahwa perkembangan sebagai suatu proses yang kekal dan tetap yang menuju kearah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi, berdasarkan pertumbuhan, pematangan dan belajar.
Suatu definisi yang relevan, dikemukakan oleh Monks bahwa perkembangan psikologis merupakan suatu proses yang dinamis. Dalam proses tersebut sifat individual dan sifat lingkungan menentukan wujud yang actual.

Perkembangan menurut Piaget sebagai berikut:

Teori Piaget banyak dipengaruhi oleh Biologi dan Epistimologi (ajaran mengenai pengenalan). Biologi menurut Piaget banyak menggunakan pengertian yang langsung diambil dari Biologi. Misalnya dalam definisi mengenai intelegensi dipakainya pengertian-pengertian seperti: adaptasi, organisasi, stadium, pertumbuhan, dll. Epistimologi: perhatian terhadap cabang ilmu pengetahuan ini antara lain Nampak dalam penelitian empiris terhadap timbulnya pengertian atau konsep mengenai waktu, ruang, kausalitas, dan kesadaran akan peraturan.
Piaget beranggapan bahwa setiap organisme hidup dilahirkan dengan dua kecenderungan fundamental, yaitu:
  1. 1.       kecenderungan untuk beradaptasi
  2. 2.       dan kecenderungan untuk organisasi.

1.adaptasi dapat dilukiskan sebagai kecenderungan bawaaan setiap organisme untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Kecenderungan   adaptasi ini mempunyai dua komponen, yaitu: asimilasi dan akomodasi. Asimilasi adalah kecenderungan organisme untuk mengubah lingkungan guna menyesuaikan dengan dirinya sendiri. Contoh dalam bidang biologis adalah makan. Bila orang makan sesuatu maka pencernaannya tidak perlu berubah, yang harus berubah yaitu makanannya=factor lingkungan. Akomodasi yaitu kecenderungan untuk mengubah dirinya sendiri guna menyesuaikan dirinya dengan lingkungan. Contoh: anak sekolah harus selalu menyesuaikan pakaiannya dengan peraturan yang berlaku disekolahnya.
2. Organisasi dapat dilakukan sebagai suatu bawaan satiap organisme untuk mengintegrasikan proses-proses sendiri menjadi system yang koheren. Contoh dalam bidang biologis adalah berfungsinya system fisiologis sendiri sebagai kesatuan yang terintegrasi. Bila ada gangguan dari salah satu komponennya saja maka namanya “penyakit”
Teori perkambangan dari Piaget utamanya banyak membicarakan mengenai perkembangan kognitif. Perkembangan kognisi berarti bagaimana memperoleh pengetahuan, menyimpannya dan menggunakannya. Teori serta penelitian Piaget juga membicarakan hubungan teman dan anak-anak sebagay makin penting dalam periode ini bagi perkembangan yaitu perkembangan identitas jenis kelamin serta pengertian norma.

PROSES PERKEMBANGAN
1.       Biological processes: perubahan pada sifat fisik
2.       Socioemotional processes: peruabahn pada aktivitas relasi dengan individu lain, emosi dan kepribadian
3.       Psychological processes: perubahan pada factor-faktor psikologis
4.       Cognitive processes: perubahan pada pemikiran, intelegensi, dan bahasa

HUKUM-HUKUM PERKEMBANGAN
1.       Perkembangan adalah kualitatif tidak materi tapi fungsi
2.     Perkembangan sangat dipengaruhi oleh proses dan hasil dari belajar: aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap
3.      Usia ikut mempengaruhi perkembangan bertambahnya usia (perkembangan manusia kearah kematangan)
4.       Masing-masing individu mempunyai perbedaan tempo kematangan
5.       Perkembangan individu mengikuti pola yang sama
6.       Perkembangan dipengaruhi oleh hereditas dan lingkungan
7.       Perkembangan yang lambat dapat dipercapat dengan cara bimbingan dan kepemimpinan yang didaktis.







No comments:

Post a Comment