• Tujuan Pembelajaran Berbahasa
Mengembangkan keterampilan berbahasa siswa (mendengar/menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
• Menyimak
Suatu proses kegiatan menyimak bahasa lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interprestasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh pembicara
• Tujuan Menyimak
Ø Seseorang dapat menyerap informasi atau pengetahuan yang disimaknya
Ø Mempelancar keterampilan berbicara dan menulis.
• Metode Menyimak
• (1) Simak – Ulang Ucap
• (2) Simak – Kerjakan
• (3) Simak – Terka
• (4) Simak – Tulis
• (5) Memperluas kalimat
• (6) Bisik Berantai
• Evaluasi Menyimak
• Tes respons terbatas
Bentuk-bentuk tes ini hanya memerlukan jawaban benar atau salah, ya atau tidak, dan memilih salah satu dari dua pilihan gambar yang tersedia
• Tes respon pilihan ganda
pilihan jawaban berwujud sepatah dua patah kata saja
• Tes komunikasi luas
tes ini menuntut siswa untuk memahami penggalan dialog/ceramah
• Berbicara
Berbicara yaitu keterampilan menyampaikan pesan melalui bahasa lisan
• Evaluasi Berbicara
1. Tes respon terbatas
-respon terarah, isyarat/penanda gambar, berbicara nyaring
2. Terpadu
-Parafrase, penjelasan, dan bermain peran terpadu
3. Wawancara
• Membaca
Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis
• Tujuan Membaca
• Menikmati keindahan yang terkandung dalam bacaan
• Membaca bersuara untuk memberikan kesempatan kepada siswa menikmati bacaan
• Menggunakan strategi tertentu untuk memahami bacaan
• Menggali simpanan pengetahuan baru
• Teknik dan Strategi Membaca
- Kegiatan Prabaca
menggugah perilaku siswa dan motivasi
- Kegiatan Inti Membaca
- strategi metakognitif
- cloze procedure
- pertanyaan pemandu
• Evaluasi Membaca
• Tes pemahaman kalimat
- diberikan dikelas rendah
- digunakan untuk mengukur kemampuan siswa untuk memahami fungsi kosakata dan struktur dalam kalimat
• Tes pemahaman wacana
- Tes pilihan ganda
- Tes isian rumpang
• Menulis
Menulis merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menghasilkan sebuah tulisan
• Teknik dan Strategi Menulis
- Pembelajaran menulis di dalam kelas contoh : bermain-main dengan bahasa dan tulisan
- Pembelajaran menulis di luar kelas
contoh : siswa dilatih menulis buku harian
• Evaluasi Menulis
- Tes Pratulis / Tes respon terbatas
untuk mengukur kemampuan siswa dala, menggunakan kosa kata dan struktur dalam menulis
2. Tes menulis terpadu
tugas bagi siswa untuk menuliskan kembali cerita dengan kata-katanya sendiri
No comments:
Post a Comment