..




.

Friday, December 31, 2010

Pembelajaran Berbahasa


          Tujuan Pembelajaran Berbahasa
   Mengembangkan keterampilan berbahasa siswa (mendengar/menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
          Menyimak
    Suatu proses kegiatan menyimak bahasa lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interprestasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan oleh pembicara
          Tujuan Menyimak
Ø   Seseorang dapat menyerap informasi atau pengetahuan yang disimaknya
Ø   Mempelancar keterampilan berbicara dan menulis.
          Metode Menyimak
          (1) Simak – Ulang Ucap
          (2) Simak – Kerjakan
          (3) Simak – Terka
          (4) Simak – Tulis
          (5) Memperluas kalimat
          (6) Bisik Berantai
          Evaluasi Menyimak
          Tes respons terbatas
                Bentuk-bentuk tes ini hanya memerlukan jawaban benar atau salah, ya atau tidak, dan memilih salah satu dari dua pilihan gambar yang tersedia
          Tes respon pilihan ganda
                pilihan jawaban berwujud sepatah dua patah kata saja
          Tes komunikasi luas
                tes ini menuntut siswa untuk memahami penggalan dialog/ceramah
          Berbicara
   Berbicara yaitu keterampilan menyampaikan pesan melalui bahasa lisan
          Evaluasi Berbicara
1. Tes respon terbatas
                -respon terarah, isyarat/penanda gambar, berbicara nyaring
2. Terpadu
                -Parafrase, penjelasan, dan bermain peran terpadu
3. Wawancara
          Membaca
                Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis
          Tujuan Membaca
          Menikmati keindahan yang terkandung dalam bacaan
          Membaca bersuara untuk memberikan kesempatan kepada siswa menikmati bacaan
          Menggunakan strategi tertentu untuk memahami bacaan
          Menggali simpanan pengetahuan baru
          Teknik dan Strategi Membaca
  1. Kegiatan Prabaca
                menggugah perilaku siswa dan motivasi
  1. Kegiatan Inti Membaca
                - strategi metakognitif
                - cloze procedure
                - pertanyaan pemandu
          Evaluasi Membaca
          Tes pemahaman kalimat
                 - diberikan dikelas rendah
                 - digunakan untuk mengukur kemampuan siswa untuk memahami fungsi kosakata dan struktur dalam kalimat
          Tes pemahaman wacana
                - Tes pilihan ganda
                - Tes isian rumpang
 
          Menulis
   Menulis merupakan kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menghasilkan sebuah tulisan
          Teknik dan Strategi Menulis
  1. Pembelajaran menulis di dalam kelas contoh : bermain-main dengan bahasa dan tulisan
  2. Pembelajaran menulis di luar kelas
                contoh : siswa dilatih menulis buku harian
          Evaluasi Menulis
  1. Tes Pratulis / Tes respon terbatas
                untuk mengukur kemampuan siswa dala, menggunakan kosa kata dan struktur dalam menulis
2. Tes menulis terpadu
                tugas bagi siswa untuk menuliskan kembali cerita dengan kata-katanya sendiri

No comments:

Post a Comment